peternakan

Senin, 05 Oktober 2009

1. Kelas.

Kelas adalah pengelompokan ayam berdasarkan asal daerah pembentukannya. Contohnya kelas amerika, kelas inggris, kelas mediterania , kelas asia.

2. Bangsa.

Bangsa adalah pengelompokan ayam dalam satu kelas berdasarkan perbedaan bentuk tubuh. Contohnya pada kelas Amerika terdapat bangsa ayam Plymouthrock, Wyandotte, rhode island red (RIR), jersey, dan new Hampshire.

3. Varietas.

Varietas adalah pengelompokan ayam dalam satu bangsa berdasarkan perbeaan warna bulu dan jengger. Contohnya white leghorn, brown leghorn, white Plymouthroc dan barred Plymouthrock.

4. Strain.

Strain adalah sekelompok ayam yang dihasilkan oleh breederfarm melalui pemuliabiakan untuk tujuan ekonomis tertentu. Contohnya strain ayam petelur hyline, harco, dan arbor acre. Strain ayam pedaging antara lain CP 707, starbro, dan hybro.

5. Type.

Type adalah sekelompok ayam berdasarkan tujuan tujuan pemeliharaan dan biasa. Ayam dapat dikelompokkan menjadi tipe petelur, pedaging, dan medium atau dwiguna (dual purpose).

6. DOC.

DOC adalah anak ayam.

Ayam Mediterania atau laut tngah

Kelompok ayam ini di bentuk dan di kembangkan di sekitas Negara dan pulau di laut tengah, seperti spayol dan italia. Karakteristik ayam kelas mediterania adalah bulu mengembang, cuping telinga berwarna putih, bentuk tubuh ramping, warna kulit putih, kerabang telur berwarna putih, dan merupakan tipe petelur. Bangsa – bangsa ayam yang termasuk kelas ini antara lain Leghorn, Ancona, Spanish, Minorca, dan Andalusia.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda